foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player

STMIK Bina Patria Magelang terus berbenah mengembangkan dan memperbaiki kualitas akademiknya, salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun kerjasama internasional dengan perguruan tinggi luar negeri. Kerjasama internasional tersebut direalisasikan dengan mengadakan MOU (Memorandum of Understanding) dengan dua perguruan tinggi di Thailand yaitu Burapha University dan Huachiew University.  Ini merupakan terobosan strategi dan langkah nyata yang dilakukan agar kualitas akademik dan citra STMIK Bina Patria terus meningkat.

MOU  ditanda tangani oleh Ketua STMIK Bina Patria, Dr. Sukris Sutiyatno, M.M, M. Hum dan President dari dua perguruan tinggi  Thailand yaitu Burapha University dan Huachiew University yang disaksikan oleh APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta) Jateng pada tanggal 2 dan 3 Mei 2017.

Ketua STMIK Bina Patria Magelang Dr. Sukris Sutiyatno, MM, M.Hum menjelaskan Kerjasama internasional tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas akademik dan kerjasama pendidikan serta meningkatkan saling kesepahaman di antara dua perguruan tinggi. Kerjasama tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk: (1) Pertukaran staff pengajar untuk tujuan-tujuan penelitian, pelatihan dan diskusi, (2) Kerjasama penelitian dan aktivitas yang berhubungan dengan pengajaran, (3) Pertukaran mahasiswa dalam rangka menambah nilai tambah dalam pembelajaran, (4) Penguasaan pelatihan bahasa baik bagi mahasiswa maupun staff pengajar, (5) Kerjasama dalam pengembangan mata kuliah dan kurikulum. 

Ketua STMIK Bina Patria menyatakan “Dengan ditandatangani MOU tersebut terbuka peluang bagi Dosen dan Mahasiswa STMIK Bina Patria untuk menimba ilmu dan mengikuti berbagai kegiatan ilmiah yang diadakan kedua universitas di Thailand tersebut”.  Di samping itu yang sangat penting adalah kerjasama internasional tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan STMIK Bina Patria sehingga mereka akan lebih percaya diri untuk terjun dalam dunia usaha dan dunia kerja tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

STMIK Bina Patria pada 22 Desember 2016 mewisuda mahasiswanya sebanyak 136 mahasiswa yang terdiri dari 21 mahasiswa Manajemen Informatika (D3) bergelar Ahli Madya Komputer, Serta 27 mahasiswa Sistem Informasi (S1) dan 88 mahasiswa Teknik Informatika (S1) dengan gelar Sarjana Komputer.  Untuk rata-rata kelulusan periode ini adalah 4 tahun 3 bulan.  

Ketua STMIK BIna Patria, Dr. Sukris Sutiyatno, MM., M.Hum berpesan dan berharap agar para wisudawan mempunyai jiwa mandiri dan berani terjun dalam dunia usaha/berwirausaha untuk menciptakan peluang pekerjaan minimal untuk dirinya sendiri dan apabila mungkin dapat memberikan peluang pekerjaan bagi orang lain tanpa harus terus menunggu lowongan pekerjaan.

STMIK Bina Patria melakukan terobosan baru yaitu kerja Sama dengan 2 Universitas terkemuka di Malaysia yaitu Universitas Kuala Lumpur (UniKL) dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas akademik dan kerjasama pendidikan serta meningkatkan saling kesepahaman di antara dua perguruan tinggi. Kerjasama tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk: (1) Pertukaran staff pengajar untuk tujuan-tujuan penelitian, pelatihan dan diskusi, (2) Kerjasama penelitian dan aktivitas yang berhubungan dengan pengajaran, (3) Pertukaran mahasiswa dalam rangka menambah nilai tambah dalam pembelajaran, (4) Penguasaan pelatihan bahasa baik bagi mahasiswa maupun staff pengajar, (5) Kerjasama dalam pengembangan mata kuliah dan kurikulum.

Kemudian dilanjutkan pidato dari perwakilan Kopertis Wilayah 6 yang dihadiri oleh Wigati Martiningsih, SH.  yang menetapkan bahwa lulusan STMIK Bina Patria adalah Legal, dan pelaporannya mencapai 100%.

Dalam sesi acara juga dihibur dengan tarian Jaranan yang di persembahkan bagi wisudawan dan tamu undangan oleh UKM tari dan Paduan suara. Pada tanggal 22 Desember yang bertepatan dengan hari ibu, maka mahasiswa yang terbaik diberi kesempatan untuk mengasihkan bunga kepada Ibunya sebagai simbolis rasa sayang terhadap ibu, dengan diiringi lagu Bunda oleh Ulfah Jati Parmawati dan Puisi tentang Bunda yang dibawakan Oleh Cisilia Sundari, Yang berhasil membuat terharu para mahasiswa dan tamu undangan.

 Pada Keesempatan Wisuda kali ini PD. BPR BKK Kota Magelang memberikan  Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Wisudawan Terbaik dan pihak Yayasan memberikan penambahan modal kepada Wisudawan Terbaik  Program studi Manajemen Informatika (D3) yaitu Nafisatun Yahro., A.Md, Untuk Wisudawan Terbaik  Program studi Sistem Informasi (S1) Mendi Sangkoyrala Hidayat, S.Kom serta untuk Teknik Informatika Fatkhurrochman, S.Kom.