STMIK Bina Patria Hadirkan Narasumber Dalam Acara Sosialisasi Akreditasi Program Studi

STMIK Bina Patria menyelenggarakan Sosialisasi dan diskusi Persiapan Akreditasi Program Studi secara daring pada hari Kamis, 12 September 2024. Acara ini berlangsung di ruang Konferen gedung lantai 3 kampus 2 setempat. Dalam acara itu menghadirkan narasumber dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Dr. Uky Yudatama, S.Si.,M.Kom.,M.M. Selain sebagai Dosen, Dr Uky juga telah banyak berpengalaman menjadi asessor akreditasi di berbagai kampus di Indoneisa. Acara dihadiri oleh Ketua STMIK Bina Patria Kartika Imam Santoso, S.E., S.Kom., M.Kom. , Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan kemahasiswaan Ahmad Fauzi Anggi Airiest K, M.Kom., Wakil Ketua 2 Bidang Keuangan dan Teknologi Gatot Susilo, M.Kom, Wakil Ketua 3 Bidang Kerjasama dan Marketing, Fatimah Nur Arifah, M.Kom, Dosen serta Tenaga kependidikan.

Dalam sambutannya, Ketua Bipa, Kartika Imam Santoso, S.E., S.Kom., M.Kom. , menyampaikan terimakasih atas kehadiran narasumber Dr. Uki dan para peserta sosialisasi serta berharap melalui sosialisasi dan diskusi ini dapat membuka wawasan agar proses kedepan yaitu akreditasi prodi dapat terlaksana sesuai target . “Terimakasih kepada Dr. Uki Yudatama atas kehadirannya semoga melalui diskusi nantinya ini akreditasi prodi Bipa dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai target minimal baik sekali,” ucapnya. Ia juga menegaskan komitmennya untuk mendukung pencapaian akreditasi prodi sesuai harapan.

Yang menarik dari acara tersebut sebelum sambutan, dibacakan manifesto atau pernyataan resmi berupa komitmen yang dibacakan oleh Kaprodi TI, Wahyu Priyoatmoko, M.Kom. dan ditirukan oleh seluruh Dosen dan tendik.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Dalam paparannya Dr Uky sapaan akrab nya menyampaikan kiat kiat menghadapai akreditasi terutama disesuaikan dengan panduan dan kerangka berpikir instrumen akreditasi LAM INFOKOM mencakup standar nasional dikti, analisis eksternal, analisis internal dan 9 kriteria yang diselaraskan dengan pedoman PPEPP ( Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan). 

“Proses penyusunan Borang disesuaikan dengan PPEPP, meliputi Penetapan : mengacu pada pondasi awal yang harus ada. Misalnya kebijakan, panduan, IKU (Indikator Kinerja Utama), SK, MOU dll. Pelaksanaan : terkait apa yang menjadi penetapan maka sejauh mana implementasinya, Evaluasi : dievalusai jika menemukan bahwa penetapan belum sesuai dengan pelaksanaan, kemudian 

Pengendalian : hasil evaluasi data di monitoring agar bisa dikendalikan dan dikerjakan sesuai target penetapan dan pelaksanaan, dan terakhir Peningkatan : diperlukannya peningkatan agar target dapat terlampui lebih dari yg ditetapkan” papar Dr Uky.

Di akhir sesi diadakan diskusi tanya jawab secara interaktif beberapa dosen dengan narasumber. Acara ditutup dengan sesi doa dan foto bersama di ruang The Sukris Sutiyatno Hall lantai 1. Semoga bipa sukses dalam menyongsong Akreditasi Prodi dengan minimal memperoleh Baik Sekali, The way to Succes !