foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player

Pembayaran Online

Pengumuman

Mitra Bipa

Arsip Pengumuman

Link Terkait

 

  

Dalam rangka membentuk mahasiswa yang unggul, selain kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi mahasiswa juga diharapkan mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi verbal baik secara resmi maupun dalam acara-acara seremonial antara lain pembawa acara, moderator maupun kegiatan lain yang menggunakan kemampuan berkomunikasi. Guna memberikan ketrampilan berkomunikasi, mengembangkan softskills mahasiswa, terutama agar mahasiswa semakin menjadi seorang public speaker yang lebih baik, STMIK Bina Patria mengadakan pelatihan public speaking  bagi para mahasiswa dengan tema “Speak Louder And Be A Good Speaker” di lingkungan kampus setempat.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 21 Desember 2020 di ruang 3.2 Kampus II BIPA. Instruktur untuk pelatihan ini menghadirkan narasumber dari luar, Anindya Ayu Krisherwina seorang praktisi yang sudah banyak berkecimpung dalam dunia komunikasi baik MC acara-acara Wisuda maupun acara-acara resmi pemerintah.

 

Pada pelatihan public speaking ini, mahasiswa dilatih untuk menjadi seorang presenter yang baik dan percaya diri, dilatih bagaimana teknik berbicara, teknik eye contact dengan peserta yang lain, tips bagaimana menjadi pembicara di depan umum, serta bagaimana menjadi seorang MC atau moderator yang baik dengan menggunakan teori public speaking. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat semakin menjadi seorang public speaker yang baik, terutama ketika mahasiswa presentasi di kelas baik sebagai presenter/penyaji, moderator, penanya/peserta. Pelatihan diikuti sekitar 30 mahasiswa baik Senat Mahasiswa maupun perwakilan mahasiswa himpunan jurusan dan perwakilan ketua kelas masing-masing.

Sementara, Kanafi, M.Kom, selaku Humas yang mewakili Ketua dan Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dalam sambutannya mengatakan " Saya berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan bagi mahasiswa dan juga menumbuhkan rasa percaya diri mereka, dengan ketrampilan yang didapat sehingga berani untuk berbicara didepan umum dengan dasar ilmu Public Speaking yang mereka kuasai,” imbuh Kanafi.

Terpisah, Ketua STMIK Bina Patria Magelang Dr. H. Sukris Sutiyatno, MM.,M.Hum. mengatakan bahwa kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dan tentunya secara luas di masyarakat “orang sukses tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademik saja, akan tetapi kemampuan komunikasi adalah faktor kunci seseorang dalam meraih kesuksesan,” ungkapnya. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat dari STMIK Bina Patria ke Pemateri dan foto bersama.