foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player

Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam mengadakan kegiatan buka bersama pada hari Rabu, 15 Mei 2019, dengan tema “Kemuliaan Ramadhan dalam Kebersamaan”. Acara ini bertempat di halaman dalam Kampus I. Kartika Imam Santoso, S.E., S.Kom., M.kom. selaku Pembantu Ketua II mengatakan bahwa acara buka puasa bukan hanya sekedar acara seremonial, akan tetapi mempunyai makna sebagai tanda wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, selain itu juga sebagai media tali silaturahmi. Selain acara buka bersama, keluarga besar Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam terdapat pula acara santunan anak yatim dan duafa sebanyak 30 orang. Anak yatim dan duafa berasal dari Yayasan Nurl Qur’an Bandongan kabupaten Magelang.

Acara tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dari Yayasan Nurul Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan donasi diberikan kepada yayasan Nurul Qur’an dan pembagian bingkisan kepada anak-anak.

kemudian diteruskan dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Sholeh Muslikhon. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan bahwa Allah swt. menciptakan malaikat hanya dengan akal, hewan hanya dengan nafu serta manusia dengan akal dan nafsu. Sehingga derajat manusia lebih tinggi dari malaikat maupun hewan apabila manusia mampu menggunakan akal dan nafsu sesuai perintah Allah swt. Serta beliau selalu mengingatkan bahwa kita harus selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi laranggan-Nya sesuai Al-Qur’an dan Hadist. Selain itu diterangkan pula bahwa bulan ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dan rahmat Allah swt. ”gunakanlah untuk amal ma’uf nahi mungkar karena barang siapa tidak mengerjakannya termasuk orang yang merugi.” Imbuhnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Do,a bersama dan ditutup dengan makan bersama. Acara diakhiri dengan buka bersama dan dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah.

Harapannya acara buka puasa bersama ini mampu menjadi salah satu cara untuk terus meningkatkan silautaramhi dan kekeluargaan dengan tidak melupakan saudara sesama muslim kita yang membutuhkan uluran tangan kita.

Magelang, 27 April 2019 mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi STMIK Bina Patria Magelang yaitu Angela Carina Devi Atas Wijaya masuk dalam 10 peserta besar yang mengikuti Final Microteaching Nasional 2019 di UNY. Dalam kompetisi tersebut ikut mendampingi Kepala Prodi Sistem Informasi yaitu Fatimah Nur Arifah, M.Kom dan Kepala Pusat Bahasa STMIK Bina Patria, Sri Waluyo M.Pd. Acara Pelatihan Microte Nasional ini diadakan dalam rangkaian acara Dies Natalis UNY. Pada kompetisi microteaching tingkat mahasiswa ini di bawahi oleh UNESCHO.

Sebelumnya kompetisi ini telah dimulai dari awal seleksi sistem, dari kompetisi peserta hanya diambil 10 besar terbaik yang akan mewakili masing-masing perguruan tinggi. Dalam kompetisi tersebut hanya diambil juara satu, dua, dan tiga. Dalam kesempatan itu, Sri Waluyo menyampaikan “dengan semangat dan latihan akhirnya kami dapat masuk ke grandfinal 10 besar dengan menyisihkan banyak peserta dari provinsi di Indonesia” imbuhnya

Sementara siswa Angela mengungkapkan, “Saya bangga bisa menyangkal peserta dari berbagai provinsi dan menjadi salah satu dari mahasiswa STMIK Bina Patria yang ditugaskan mewakili, ini merupakan kebanggaan dan banyak pengalaman yang bisa saya ambil. Kedepan dengan optimis, doa, latihan, dan dukungan, dapat menjadi salah satu yang berhasil dalam kompetisi ini saat ini belum dapat meraih juara satu.

Sementara itu STMIK Bina Patria memiliki Unit Khusus yang membidangi bahasa Inggris yaitu English Club. Unit ini begitu aktif melaksanakan kegiatan indoor maupun outdoor guna meningkatkan kemampuan Inggris untuk pendaftar. Kegiatan tersebut disebut sebagai percakapan pelatihan, Seminar Bahasa Inggris, Pelatihan TOEFL, dan kegiatan di luar ruangan berupa pelatihan bahasa Inggris dengan pembicara nativ atau turis mancanegara di tempat-tempat wisata yaitu candi Borobudur.

Banyak hal yang diperoleh siswa dari kegiatan yang mereka ikuti ini, disamping menambah kemampuan juga banyak yang bisa mereka peroleh salah satu yang menjadi peserta kompetisi memperoleh inggris. Sukses buat Klub Inggris STMIK Bina Patria Magelang!