foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player

Pembayaran Online

Pengumuman

Mitra Bipa

Arsip Pengumuman

Link Terkait

 

  

STMIK Bina Patria untuk pertama kalinya menerima visitasi tatap muka Tim Asesor Reakreditasi Program Studi Sistem Informasi dari LAM Infokom ( Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika Dan Komputer ) yang mana sebelumnya akreditasi Prodi dilakukan oleh BAN-PT ( Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ) namun sesuai kebijakan aturan Pemerintah terbaru mulai tahun 2022 ini pelaksanaan Akreditasi Prodi Perguruan Tinggi  diselenggarakan oleh LAM sesuai bidang disiplin ilmunya.  Selama 2 hari, Rabu dan Kamis tanggal 2-3 November 2022, tim Asesor LAM Infokom melakukan asesmen lapangan secara offline dalam rangka reakreditasi Prodi Sistem Informasi (S1) STMIK Bina Patria. Sebelumnya untuk semua program studi yang ada sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Proses Asesmen Lapangan ini merupakan serangkaiandan lanjutan dari proses Reakreditasi yang sebelumnya sudah dilakukan Asesmen Kecukupan ( AK ),
Asesor yang ditunjuk untuk melakukan Asesmen Lapangan adalah Prof. Dra Sri Hartati, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Dr. Ema Utami, S.Si., M.Kom. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB dengan 5 sesi pada hari pertama. Dilanjutkan pada hari kedua dengan 4 sesi kegiatan.
Akreditasi Program Studi ini dengan menggunakan instrumen terbaru yang berasal dari LAMINFOKOM yaitu dengan 9 kriteria berdasarkan PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan. Plt Ketua STMIK Bina Patria Magelang, Moch Ali Machmudi,M.Kom mengatakan bahwa kegiatan akreditasi ini adalah dalam rangka evaluasi diri yang dinilai oleh pihak eksternal dalam hal ini adalah LAMINFOKOM. diharapkan dengan ada akreditasi ini dapat meningkatkan pengelolaan perguruan tinggi yang lebih baik. Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) merupakan bentuk verifikasi terakhir setelah kegiatan Asesmen Kecukupan (AK) yang merupakan tahap yang penting karena menentukan nilai untuk butir-butir dalam kriteria. Namun, yang terpenting adalah bahwa kegiatan AL ini menjadi wadah atau kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu khususnya Program Studi dan menerima masukan untuk perbaikan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu”  Jelas Moch Ali dalam sambutan pembukaan saat menerima asesor.Asesmen lapangan ini diikuti oleh Plt. Ketua, Pembantu Ketua 1,2 dan 3, Kaprodi, ketua Unit Penjaminan mutu, Dosen, Tenaga Kependidikan, Pengguna lulusan, Alumni, Mahasiswa dan Tim penyusun Akreditasi,. Kegiatan dipusatkan di ruang Conference Lantai 3 Kampus 2 STMIK Bina Patria.
Semoga hasil akreditasi yang diharapkan STMIK Bina Patria dapat tercapai bahkan melampuai target yang diinginkan.

STMIK  BIPA ,The Way To Succes !!

Guna menangkal bahaya penyalahgunaan napza bagi generasi muda, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Patria (Bipa) Magelang, Jawa Tengah  mengadakan kuliah umum dengan tema “The Danger Of Drug Abuse For Young Generation” di ruang 3.1 lantai 3 kampus 2 STMIK Bipa pada Senin 31 Oktober 2022. Kegiatan ini diselenggarakan karena ingin memberikan sosialisasi dan pemahaman bagi para mahasiswa akan bahaya narkoba, serta untuk memperkuat moral dan kepribadian yang dimiliki para pemuda/mahasiswa. Peserta dari kegiatan ini adalah Senat Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Perwakilan Ketua Kelas.

Bahaya narkoba dinilai sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba, semakin banyak didengungkan. Penyalahgunaan narkoba bisa membahayakan bagi keluarga, masyarakat, dan masa depan bangsa.

“Kami sangat peduli terhadap perkembangan zaman dan era globalisasi ini, terutama berkaitan dengan narkoba, sehingga kami berharap seluruh civitas akademika khususnya mahasiswa sehat dan bebas dari Narkoba," kata Plt Ketua STMIK Bina Patria Moch Ali Machmudi, M.Kom.

Jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja hingga dewasa. Narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan seseorang untuk terdorong menyalahgunakan narkoba.

"Ini adalah bagian dari tugas kami memberikan edukasi agar generasi muda terbebas dari  pergaulan bebas dan narkoba. Karena narkoba itu dalam menyerang tidak kenal usia dan waktu, dapat merusak bangsa,” jelas Sugeng Wahyudiono, M.Kom Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Humas BIPA, Kanafi, M.Kom yang sekaligus memberikan doa sebelum acara kuliah umum dimulai. Sedangkan Narasumber dari kegiatan Kuliah Umum tersebut yaitu Suyanta, S.Pd.,S.Kep, Ners, M.A. dari Poltekkes Kemenkes Semarang. Acara berjalan dengan meriah dan sukses dengan diakhiri penyerahan Sertifikat dari Pihak STMIK Bina Patria kepada Pemateri serta foto Bersama.