foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player

Pembayaran Online

Pengumuman

Mitra Bipa

Arsip Pengumuman

Link Terkait

 

  

Plt Ketua STMIK Bina Patria Moch Ali Mahmudi, M.Kom. menyampaikan bahwa peringatan Hari Kartini Tahun 2022 menjadi sebuah momentum untuk memperingati perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia. Hal ini ditunjukkan para Kartini-Kartini masa kini tetap tegar dan semangat dalam berkarya seperti ditunjukkan Kartini masa kini dari STMIK Bina Patria Magelang. Mereka adalah kaum perempuan yang senantiasa teguh dan penuh kekhlasan dalam melayani sepenuh hati masyarakat untuk memperoleh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap tanggal 21 April pada tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini. Dimana, ide dan gagasan yang dicetus oleh Pahlawan Perempuan Indonesia, Kelahiran Jepara 21 April 1879 silam juga memiliki suatu karya yang terkenal, yakni ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Ini berarti bahwa peringatan hari Kartini tahun 2022, harus dimaknai sebagai momen penyemangat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan perempuan, agar mampu merebut peluang terlibat mengisi pembangunan.

“Makna terpenting, dalam peringatan hari Kartini 2022 ini adalah bagaimana generasi sekarang mengenang Raden Ajeng Kartini ( RA Kartini ) beserta jasa-jasanya. Perempuan di wilayah Jawa Tengah, khususnya di lingkungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Patria Magelang hendaknya dapat selalu bercermin, terhadap semangat juang dari RA Kartini, untuk memperjuangkan emansipasi perempuan, terutama dalam turut serta mengisi pembangunan di wilayah Kota Magelang khususnya,” terang Moch Ali Mahmudi, M.Kom., Kamis (21/4/2022).

Lebih Lanjut Moch Ali Mahmudi, M.Kom mengungkapkan “Selamat memperingati Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia khususnya Perempuan di lingkungan STMIK Bina Patria, teruskan perjuangan RA Kartini dengan emansipasi wanitanya serta tetap menjalankan peran sebagai seorang perempuan yang juga menjadi istri dan ibu,” tandasnya.

Civitas STMIK Bina Patria berupaya meneguhkan semangat Bela Negara di kalangan akademisi. Salah satunya dengan menggelar Kuliah Umum bagi mahasiswa bertema “Penanaman Jiwa Nasionalisme Bagi Generasi Muda Melalui Pendidikan Bela Negara” di Gedung Kampus 2 STMIK BIPA, di Jl Raden Saleh No. 7, Rabu, (23/03/2022). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara STMIK Bina Patria dengan TNI dengan menghadirkan narasumber dari TNI Rindam IV/Diponegoro, Mayor Inf. Nodelismen Hulu, S. Pd sebagai pemateri. 

Sementara itu Ketua STMIK Bina Patria, Kartika Imam Santoso, SE,S.Kom.,M.Kom dalam sambutannya menyampaikan pendidikan bela Negara bagi mahasiswa sangat penting dalam rangka meningkatkan jiwa nasionalisme dengan implementasi bela negara, “Sesuai pasal 27 UUD 1945 pasal 3 dinyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, sehingga pendidikan ini sangat penting guna membekali jiwa mahasiswa agar tetap mempunyai jiwa nasionalis dan patriot mampu menangkal budaya asing yang akan masuk yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila ,” imbuh Kartika dalam sambutannya.

Hadir dalam kuliah umum antara lain, Pembantu Ketua III Bidang kemahasiswaan Sugeng Wahyudiono, M.Kom, Humas Kanafi, M.Kom dan unsur staf lainnya serta mahasiswa. Dalam kegiatan kuliah umum tersebut pemateri menyampaikan pentingnya pendidikan bela Negara, “Bela negara bukan lagi persoalan Militer dengan angkat senjata, namun lebih luas mencakup lini kehidupan berbangsa dan bernegara” papar Mayor Inf Nodelismen. Kegiatan diakhiri dengan sesi  foto bersama serta penyerahan sertifikat dari Ketua STMIK BIPA kepada pemateri serta penyerahan sertifikat dari Puket III kepada Peserta kuliah umum.